Rabu, 28 April 2010

PROPOSAL PENGEMBANHAN USAHA

BUSSINESS PLAN
KONVEKSI MUTIARA
1
KONVEKSI MUTIARA
DAFTAR HALAMAN
DAFTAR HALAMAN
1. RINGKASAN EKSEKUTIF 3
2. LATAR BELAKANG PERUSAHAAN
2.1 DATA PERUSAHAAN 3
2.2 BIODATA PEMILIK / PENGURUS 4
2.3 STRUKTUR ORGANISASI 4
2.4 KONSULTAN PENDAMPING 5
2.5 SUSUNAN PEMEGANG SAHAM 5
3. ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
3.1 PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN 6
3.2 GAMBARAN PASAR 7
3.3 TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU 7
3.4 TREND PERKEMBANGAN PASAR 7
3.5 PROYEKSI PENJUALAN 7
3.6 STRATEGI PEMASARAN 8
3.7 ANALISIS PESAING 9
3.8 SALURAN DISTRIBUSI 9
4. ANALISIS PRODUKSI
4.1 PROSES PRODUKSI 10
4.2 BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANNYA 10
4.3 KAPASITAS PRODUKSI 11
4.4 RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI 11
5. ANALISIS SUMBERDAYA MANUSIA (SDM)
5.1 ANALISIS KOMPETENSI SDM 12
5.2 ANALISIS KEBUTUHAN DAN PENGEMBANGAN SDM 13
2
KONVEKSI MUTIARA
5.3 RENCANA KEBUTUHAN PENGEMBANGAN SDM 13
6. RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
6.1 RENCANA PENGEMBANGAN USAHA 13
6.2 TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN USAHA 14
7. PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI
7.1 RENCANA PEMANFAATAN TI 15
7.2 PERALATAN DAN SISTEM YANG SUDAH DIMILIKI 15
7.3 TAHAPAN PENGEMBANGAN TI 16
8. ANALISIS KEUANGAN
8.1 LAPORAN KEUANGAN 17
8.2 RENCANA KEBUTUHAN INVESTASI 19
8.3 RENCANA ARUS KAS (CASH - FLOW) 21
8.4 RENCANA KEBUTUHAN PINJAMAN 23
8.5 RENCANA PENGEMBALIAN DANA PINJAMAN 24
8.6 AGUNAN YANG DIMILIKI 24
9. ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA
9.1 DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR 24
9.2 ANALISIS RESIKO USAHA 24
9.3 ANTISIPASI RESIKO USAHA 24
LAMPIRAN
A. ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS 25
B. ANALISIS INVESTASI 28
C. KELENGKAPAN PERIJINAN 30
D. PETA LOKASI 31
E. FOTO PRODUK 32 3
KONVEKSI MUTIARA
1. RINGKASAN EKSEKUTIF
KONVEKSI MUTIARA ADALAH PERUSAHAAN PERSEORANGAN YANG DIJALANKAN OLEH SINTA MAULY AGNES TAMBA, AMD.
PERUSAHAAN INI BERGERAK DI BIDANG USAHA KONVEKSI (PAKAIAN JADI),
DI MANA DIKHUSUSKAN PADA PAKAIAN JADI ANAK-ANAK (PEREMPUAN)
NILAI PENJUALAN UNTUK TAHUN 2000 ADALAH SEBESAR Rp 37.800.000,-
NILAI KEKAYAAN PERUSAHAAN SESUAI NERACA TAHUN 2000 ADALAH SEBESAR Rp 250.080.000,-
PROSPEK PENGEMBANGAN USAHA SANGAT MENJANJIKAN MENGINGAT PASAR YANG CUKUP BESAR DENGAN TREND YANG TERUS MENINGKAT, SEDANGKAN
RENCANA PENGEMBANGAN USAHA:
1. STRATEGI PEMASARAN:
A. PENGEMBANGAN PRODUK
B. PENGEMBANGAN WILAYAH PEMASARAN
C. PROMOSI
D. STRATEGI PENETAPAN HARGA
2. PENGEMBANGAN PRODUKSI DENGAN PENAMBAHAN KAPASITAS PRODUKSI
3. PENAMBAHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
4. PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI
PROYEKSI NILAI PENJUALAN UNTUK TAHUN I SEBESAR Rp 50.000.000,- DAN PENINGKATAN SEBESAR 20% UNTUK TAHUN-TAHUN BERIKUTNYA.
KEBUTUHAN DANA SEBESAR Rp 110.000.000,-
RENCANA PENGGUNAAN DANA SEBESAR Rp 100.000.000,- UNTUK INVESTASI DALAM PENINGKATAN KAPASITAS PRODUKSI DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, SERTA Rp 10.000.000,- DIGUNAKAN SEBAGAI MODAL KERJA.
JANGKA WAKTU PENGEMBALIAN ADALAH SELAMA 5 TAHUN DENGAN TENGGANG WAKTU PEMBAYARAN 1 BULAN SEKALI.
AGUNAN YANG DIMILIKI OLEH PERUSAHAAN ADALAH TANAH BERSERTIFIKAT SENILAI Rp 200.000.000,-
4
KONVEKSI MUTIARA
2. LATAR BELAKANG PERUSAHAAN
2.1 DATA PERUSAHAAN
1. Nama Perusahaan
Konveksi Mutiara
2. Bidang Usaha
Konveksi
3. Jenis Produk / Jasa
Pakaian jadi anak-anak
4. Alamat Perusahaan
Jl Gatot Subroto no. 128 Medan
5. Nomor Telepon
061-4156103
6. Alamat E-mail
Sinta_tamba@eudoramail.com
7. Bank Perusahaan
BII
8. Mulai Berdiri
1996
2.2 BIODATA PEMILIK / PENGURUS
1. Nama
Sinta Mauly Agnes Tamba, Amd
2. Jabatan
Pimpinan
3. Tempat dan Tanggal Lahir
Siriaon buhit, 23-11-1964
4. Alamat Rumah
Jl Amal Luhur No. 26 A Medan
5. Nomor Telepon
061-8454530
6. Alamat E-mail
Sinta_tamba@eudoramail.com
7. Pendidikan Terakhir
Sarjana muda
8. Pengalaman Kerja
10 tahun
5
KONVEKSI MUTIARA
2.3 STRUKTUR ORGANISASI
HILARION T.
Keuangan
RISNANNA S.
SDM
SAHAT EFENDY S.
Marketing
SINTA MAULY AGNES TAMBA, Amd
Pimpinan
2.4 KONSULTAN PENDAMPING
Central Analysis Social Economic Studies
Syafrizal Helmi
Bussiness Plan
2 April 2001
24 hari
2.5 SUSUNAN PEMILIK / PEMEGANG SAHAM NAMAJumlah SahamNilai SahamPersentaseSintha Mauly Agnes Tamba, Amd100%T O T A L00100%
6
KONVEKSI MUTIARA
3. ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
3.1 PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN
Jenis produk yang di hasilkan : Pakaian Jadi Anak-anak
Karakteristik Produk : untuk usia 3-12 tahun
Assesoris tambahan : Pita, Renda, Manik-Manik, Kancing
KEUNGGULAN PRODUK YANG DIMILIKI
1. Jahitan Rapi
2. puring/lapisan dingin
3. bahan baku yang bermutu
3.2 GAMBARAN PASAR
DATA NILAI PENJUALAN (3 TERAKHIR) 0510152025303540nilai penjualan(dalam jutaan rupiah)199819992000
KEGIATAN PEMASARAN DAN PROMOSI YANG SUDAH DILAKUKAN
􀂆 PERSONAL SELLING
Memberikan contoh/ sample baju yang akan di pasarkan kepada calon pelanggan hal ini mengakibatkan naiknya jumlah pesanan produksi.
7
KONVEKSI MUTIARA
􀂆 PAMERAN
Pameran dagang di Medan dan Jakarta
3.3 TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU
GAMBARAN KARAKTERISTIK PEMBELI / PENGGUNA
􀂙 Pembeli Individu ( keluarga yang mempunyai anak perempuan yang berumur 3-12 tahun, kelas social menengah kebawah.
􀂙 Distributor/Toko pakaian anak-anak
3.4 TREND PERKEMBANGAN PASAR
Permintaan pasar untuk usaha ini sangat besar diperkirakan ada minimal 100.000 anak perempuan yang berumur 3-12 tahun , dengan permintaan produk 200.000 baju/tahun (Rp 10.000.000.000,-). Dari jumlah diatas jumlah rata-rata penjualan pertahun sebesar 740 unit/tahun dengan nilai rata-rata 29.500.000/tahun. Artinya jumlah penjualan baru memenuhi 0,35% pasar. Diharapkan perusahaan dapat memenuhi 4% pasar pada tahun I.
3.5 PROYEKSI PENJUALAN 050100150200250PROYEKSI NILAI PENJUALAN(dalam jutaan rupiah)20012002200320042005 8
KONVEKSI MUTIARA
Dengan asumsi kenaikan penjualan produk sebesar 20 % pertahun dengan tingkat kenaikan harga 10.000/ tahun. Perkiraan ini bisa direalisasikan dengan rencana penambahan tenaga kerja, jumlah kapasitas produksi, peningkatan distribusi penjualan, merubah strategi pemasaran.
3.6 STRATEGI PEMASARAN
PENGEMBANGAN PRODUK
Perubahan disain sesuai mode yang berlaku/trend, Peningkatan kualitas bahan dan jahitan dan mencoba diversifikasi produk ke pakaian anak laki-laki...............................................
PENGEMBANGAN WILAYAH PEMASARAN
akan direncanakan untuk menjajaki ekspor ke Malaysia dan perluasan wilayah pemasaran dengan menjalin kerjasama dengan pegusaha / distributor/ toko pakaian anak di daerah Samosir dan Dairi .
KEGIATAN PROMOSI
1. Promosi penjualan
􀂙 Produk sampel
􀂙 Intensifikasi pameran dagang/bazaar/pasar malam
􀂙 Diskount Khusus/ pemberian Voucher
􀂙 Jaminan produk
2. Iklan
􀂙 Brosur/Daftar Harga
􀂙 Iklan di media cetak local
􀂙 Masuk di Direktori Bisnis tahunan/yellow pages
􀂙 Selebaran
􀂙 Sponsor spanduk kegiatan sekolah TK dan SD.
3. Personal Selling
􀂙 Lobbying
􀂙 Presentasi penjualan
9
KONVEKSI MUTIARA
􀂆 STRATEGI PENETAPAN HARGA
Harga disesuaikan dengan kondisi ekonomi masyarakat lapisan menengah ke bawah.
Dengan tingkat inflasi 10%
3.7 ANALISIS PESAING
PESAING
KEUNGGULAN
KELEMAHAN
Home Industry di sekitar Padang Bulan
Biaya tenaga kerja lebih murah.
1. Jahitan kurang rapi
2. Mutu bahan rendah
3. Desain kurang baik
3.8 SALURAN DISTRIBUSI
WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI SAAT INI
1. Wilayah Pemasaran
√ Lokal.....................100 %
2. Jalur Distribusi
√ Individu
√ Distributor
WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI YANG DIRENCANAKAN
1. Wilayah Pemasaran
√ Lokal.......................75 %
√ Ekspor.....................25 %
2. Jalur Distribusi
√ Individu
√ Distributor
√ Eksportir
3. Rencana Lokasi Showroom / Counter Penjualan
1. Pajak Petisah Medan
2. Daerah Samosir
10
KONVEKSI MUTIARA
4. ANALISIS PRODUKSI
4.1 PROSES PRODUKSI
PROSES PRODUKSI
BAHAN BAKU
TEKNOLOGI
MESIN
Memotong
Kain
Tradisional
Gunting
Mengobras
Kain
Otomatis
Mesin Obras
Menjahit
Kain + Benang
Otomatis
Mesin Jahit
Memasang kancing
Kancing
Otomatis
Mesin Lobang Kancing
DESAIN MODELPEMOTONGANMENGOBRASMENJAHITMENYETRIKA DANMENGEMASPASANG LOBANGKAINKANCING
KEUNGGULAN PROSES YANG DIMILIKI
Menggunakan teknologi mesin otomatis
11
KONVEKSI MUTIARA
4.2 BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANNYA
BAHAN BAKU
KEBUTUHAN
RATA-RATA PER BULAN
SUMBER
Kain
10 kayu
Pajak Ikan
BAHAN PENOLONG
KEBUTUHAN
RATA-RATA PER BULAN
SUMBER
Kancing
1 gross
Pajak Petisah
Ritsleting
2 gross
Pajak Petisah
Benang
10 lusin
Pajak Petisah
4.3 KAPASITAS PRODUKSI
FASILITAS DAN MESIN PRODUKSI YANG DIMILIKI FASILITAS & MESIN PRODUKSI *)JumlahTotal NilaiMesin Jahit15 unit7 500 000 Mesin Obras3 unit3 000 000 Mesin Lubang Kancing1 unit5 000 000 T O T A L015 500 000
KAPASITAS PRODUKSI RATA-RATA PER BULAN
80 unit
4.4 RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI
STRATEGI DAN TAHAP-TAHAP RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI
1. Pembelian Mesin Garmen
2. Perekrutan Tenaga Kerja Profesional
12
KONVEKSI MUTIARA
RENCANA PENAMBAHAN FASILITAS DAN MESIN PRODUKSI FASILITAS & MESIN PRODUKSI *)JumlahHarga SatuanTotal NilaiMesin Obras Garment210 000 000 20 000 000 Mesin Jahit Garment510 000 000 50 000 000 Mesin Jahit Pakaian Dalam130 000 000 30 000 000 T O T A L8100 000 000
TARGET KAPASITAS PRODUKSI RATA-RATA PER BULAN *)
800
*) setelah penambahan fasilitas dan mesin produksi
5. ANALISIS SUMBERDAYA MANUSIA (SDM)
5.1 ANALISIS KOMPETENSI SDM TINGKAT PENDIDIKANJumlahTidak Lulus SDSDSMP5SMU10D14D3 / Sarjana Muda1SarjanaT O T A L20 BAGIAN / DEPT.JumlahManajemen1Bagian Produksi12Bagian Pemasaran1Bagian Administrasi3Lain - Lain3T O T A L20
KEUNGGULAN DAN KOMPETENSI SDM LAIN-LAIN
1. Desain pakaian
2. Komputer
3. Bahasa Inggris
13
KONVEKSI MUTIARA
5.2 ANALISIS KEBUTUHAN DAN PENGEMBANGAN SDM
JABATAN
Tingkat Pendidikan
Pengalaman (tahun)
Keterampilan Khusus
Kepala Bagian Produksi
D3
2
Manajemen Produksi
Kepala Bagian Pemasaran
D3
3
Bahasa Inggris dan Komputer
5.3 RENCANA KEBUTUHAN PENGEMBANGAN SDM
JABATAN
Jumlah Kebutuhan
Tenaga yang Tersedia
Tenaga yang Harus Direkrut
Kepala Bagian Produksi
1
0
1
Tenaga Kerja Bagian Produksi
17
12
5
6. RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
6.1 RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
ISIKAN SESUAI DENGAN BAGIAN 3, 4 DAN 5.
􀂆 STRATEGI PEMASARAN
− Membuat sampel desain produk untuk di presentasikan ke para distributor/ individu
− Pembuatan iklan di media cetak, brosur untuk di bagikan kepada orang tua jaringan WKRI
− Memberikan diskon khusus dan voucher setiap pembelian diatas 20 potong pakaian
− Memberikan sponsor kegiatan di sekolah TK dan SD
− Pengembangan wilayah distribusi pemasaran ke daerah samosir dan dairi
− Kerjasama dengan eksportir untuk pengiriman barang ke luar negeri
14
KONVEKSI MUTIARA
􀂆 STRATEGI PRODUKSI
− Perbaikan desain sesuai dengan mode yang trendy
− Pembelian mesin garment untuk peningkatan kapasitas produksi
− Peningkatan produktivitas tenaga kerja
􀂆 STRATEGI ORGANISASI DAN SDM
− Perubahan struktur manajemen dan organisasi
− Penarikan tenaga kerja
− Pelatihan tenaga kerja yang sudah ada
􀂆 STRATEGI KEUANGAN
− Penambahan investasi modal untuk pengembangan usaha
− Mencari investor / joint ventura untuk pengembangan dan perluasan usaha
− Pengendalian sistem keuangan
6.2 TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN USAHA
Bulan
KEGIATAN
5
6
7
8
9
10
11
12
1. restrukturisasi manajemen dan organisasi

2. perekrutan karyawan

3. pelatihan karyawan

4. peningkatan produktivitas karyawan



5. pembuatan sampel disain


6. promosi penjualan



7. penjajakan perluasan wilayah pemasaran

8. pengendalian sistem keuangan

15
KONVEKSI MUTIARA
7. PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI
7.1 RENCANA PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI
􀂆 PEMASARAN
− Mencari peluang pasar pada situs-situs web
− Pembuatan brosur,daftar pelanggan, daftar penjualan dengan mempergunakan program komputerisasi
􀂆 PRODUKSI
− Pembuatan sistem manajemen produksi ( daftar bahan baku, bahan penolong, barang jadi, daftar persediaan)
􀂆 PENGEMBANGAN PRODUK
− Pembuatan desain
􀂆 KEUANGAN
− Pencatatan sistem keuangan dan pengolahan data keuangan dengan program komputerisasi
7.2 PERALATAN DAN SISTEM YANG SUDAH DIMILIKI
Spesifikasi Perangkat Keras
Perangkat Lunak yang Digunakan
Pentium III, 550 Mhz, 10 Gb, 64 MB,
Window 98 second edition, MS Office 2000, ACD system, Adobe, Norton Anti Virus 2000, Win Amp visio 2000, Autocad r 14
Printer Epson LX 800
Modem eksternal
16
KONVEKSI MUTIARA
7.3 TAHAPAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI
RENCANA PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI
bulan ke -
KEGIATAN
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
Sistem komputerisasi pembuatan data pelanggan, sistem keuangan, data persediaan dan penjualan



Pencarian informasi pasar, data mode terakhir, dan penawaran produk melalui internet



17
KONVEKSI MUTIARA
8. ANALISIS KEUANGAN
8.1 LAPORAN KEUANGAN
DES. 2000JAN. 2001FEB. 2001A.PENERIMAANPenerimaan Penjualan6.750.0001.500.0002.000.000Penerimaan Pinjaman000Sub Total Penerimaan6.750.0001.500.0002.000.000B.PENGELUARANPembelian Asset (Investasi)2.000.00000Pembelian Bahan Baku2.100.000420.000450.000Pembelian Bahan Pembantu100.00035.00040.000Upah Buruh Produksi450.00090.000120.000Transport (Pengiriman Produk)100.00040.00040.000Biaya Produksi Lain-Lain000Gaji Pimpinan500.000500.000500.000Gaji Staf Administrasi dan Umum300.000300.000300.000Biaya Pemeliharaan50.00000Biaya Pemasaran00500.000Alat Tulis Kantor10.000010.000Listrik, Air, Telepon100.000100.000100.000Biaya Administrasi Lain-Lain10.000010.000Angsuran Pokok000Biaya Bunga000Biaya Pajak000Sub Total Pengeluaran5.720.0001.485.0002.070.000C.SELISIH KAS1.030.00015.000(70.000)D.SALDO KAS AWAL2.000.0003.030.0003.045.000E.SALDO KAS AKHIR3.030.0003.045.0002.975.000LAPORAN ARUS KASKONVEKSI MUTIARATAHUN 2000 18
KONVEKSI MUTIARA
A.HASIL PENJUALANPenjualan37 800 000 Sub Total Hasil Penjualan37 800 000 B.BIAYA PRODUKSI / VARIABELBahan Baku11 760 000 Bahan Pembantu1 000 000 Upah Buruh Produksi2 520 000 Transport (Pengiriman Produk)1 200 000 Biaya Lain-Lain200 000 Sub Total Biaya Produksi16 680 000 C.BIAYA TETAPGaji Pimpinan6 000 000 Gaji Staf Administrasi dan Umum3 600 000 Biaya Pemeliharaan300 000 Penyusutan3 500 000 Sub Total Biaya Tetap13 400 000 D.BIAYA ADMINISTRASIBiaya Pemasaran2 000 000 Alat Tulis Kantor300 000 Listrik, Air, Telepon1 200 000 Biaya Lain-Lain200 000 Sub Total Biaya Administrasi3 700 000 E.TOTAL BIAYA (B + C + D)33 780 000 F.Laba Sebelum Pajak (A - E)4 020 000 G.Pajak0 H.Laba Bersih (F - G)4 020 000 LAPORAN LABA RUGIKONVEKSI MUTIARATAHUN 2000 19
KONVEKSI MUTIARA
AKTIVAA.AKTIVA LANCARKas3 030 000 Piutang0 Persediaan:0 Bahan Baku0 Bahan Pembantu0 Barang Jadi550 000 Jumlah Aktiva Lancar3 580 000 B.AKTIVA TETAPTanah200 000 000 Bangunan25 000 000 Peralatan25 000 000 Penyusutan-3 500 000 Lain - Lain0 Jumlah Aktiva Lancar246 500 000 JUMLAH AKTIVA (A + B)250 080 000 PASIVAC.HUTANG JANGKA PENDEKHutang Dagang0 Hutang Jatuh Tempo0 Lain - Lain0 Jumlah Hutang Jangka Pendek0 D.PINJAMAN JANGKA PENDEKPinjaman Jangka Panjang0 Lain - Lain0 Jumlah Pinjaman Jangka Panjang0 E.MODALModal Disetor246 060 000 Laba Ditahan4 020 000 Jumlah Modal250 080 000 JUMLAH PASIVA (C + D + E)250 080 000 LAPORAN NERACAKONVEKSI MUTIARATAHUN 2000
20
KONVEKSI MUTIARA
21
8.2 RENCANA KEBUTUHAN INVESTASI
KONVEKSI MUTIARA
22
Mar-01Apr-01Mei-01Jun-01Jul-01Agust-01Sep-01Okt-01Nop-01Des-01JanERIMAANPenerimaan Penjualan1.5001.5002.0002.5003.0006.0007.0008.00010.0005.0005.Penerimaan Pinjaman00000000000Sub Total Penerimaan1.5001.5002.0002.5003.0006.0007.0008.00010.0005.0005.ENGELUARANPembelian Asset (Investasi)0000000001.5000Pembelian Bahan Baku4204204505006008001.0001.5001.500700Pembelian Bahan Pembantu3535406070120150200200120Upah Buruh Produksi9090120150180360420600600300Transport (Pengiriman Produk)40404050607080100100404Biaya Produksi Lain-Lain00000000000Gaji Pimpinan500500500500500500500500500500Gaji Staf Administrasi dan Umum3003003003006506501.0001.0001.0001.0001Biaya Pemeliharaan303030303030303030303Biaya Pemasaran00200001003003002000Alat Tulis Kantor10101010101010101010Listrik, Air, Telepon100100100100120120150150150150Biaya Administrasi Lain-Lain1010101010101010102.000Angsuran Pokok00000000000Biaya Bunga00000000000Biaya Pajak00000000000Sub Total Pengeluaran1.5351.5351.8001.7102.2302.7703.6504.4004.3006.3503.ELISIH KAS(35)(35)2007907703.2303.3503.6005.700(1.350)1.ALDO KAS AWAL2.9752.9402.9053.1053.8954.6657.89511.24514.84520.54519.ALDO KAS AKHIR2.9402.9053.1053.8954.6657.89511.24514.84520.54519.19520.RENCANA ARUS KAS (dalam ribuan rupiah)KONVEKSI MUTIARAUNTUK TAHUN 2001
KONVEKSI MUTIARA
20012002200320042005A.PENERIMAANPenerimaan Penjualan50 000 82 800 115 920 159 040 190 848 Penerimaan Pinjaman0 110 000 0 0 0Sub Total Penerimaan50 000 192 800 115 920 159 040 190 848 B.PENGELUARANPembelian Asset (Investasi)1 500 100 000 1 000 1 500 2 000 Pembelian Bahan Baku8 760 15 957 24 574 37 087 48 955 Pembelian Bahan Pembantu1 105 2 013 3 100 4 678 6 175 Upah Buruh Produksi3 000 4 830 6 624 8 946 11 250 Transport (Pengiriman Produk)700 770 847 932 1 025Biaya Produksi Lain-Lain0 0 0 0 0Gaji Pimpinan6 000 7 200 8 400 9 600 10 800 Gaji Staf Administrasi dan Umum7 100 12 000 13 200 14 520 15 972 Biaya Pemeliharaan300 350 400 450 500Biaya Pemasaran1 600 2 000 2 400 2 800 3 200 Alat Tulis Kantor90 100 110 120 130Listrik, Air, Telepon1 580 2 500 3 000 3 500 4 000 Biaya Administrasi Lain-Lain2 100 2 500 3 000 3 500 4 000 Angsuran Pokok0 0 22 000 22 000 22 000 Biaya Bunga0 0 11 000 9 900 8 910 Biaya Pajak0 0 0 0 0Sub Total Pengeluaran33 835 150 220 99 655 119 533 138 917 C.SELISIH KAS16 165 42 580 16 265 39 507 51 931 D.SALDO KAS AWAL3 030 19 195 61 775 78 040 117 547 E.SALDO KAS AKHIR19 195 61 775 78 040 117 547 169 478 RENCANA ARUS KAS (dalam ribuan rupiah)KONVEKSI MUTIARATAHUN 2001 - 2005
8.4 RENCANA KEBUTUHAN PINJAMAN
TOTAL NILAI KEBUTUHAN PINJAMAN / MODAL
Rp 110.000.000,-
TOTAL NILAI KEBUTUHAN MODAL INVESTASI
Rp 100.000.000,-
TOTAL NILAI KEBUTUHAN MODAL KERJA
Rp 10.000.000,-
23
KONVEKSI MUTIARA
8.5 RENCANA PENGEMBALIAN DANA PINJAMAN
JANGKA WAKTU PENGEMBALIAN
5 tahun
MASA TENGGANG PEMBAYARAN
1 bulan sekali
8.6 AGUNAN YANG DIMILIKI
1. Jenis Agunan
Tanah
2. Aspek Legalitas
Sertifikat BPN
3. Nilai Agunan
Rp. 200.000.000
9. ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA
9.1 DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR
− Menyerap Tenaga Kerja di sekitar Lingkungan Organisasi
9.2 ANALISIS RESIKO USAHA
− Kenaikan Harga Bahan Baku diatas 25 %
− Kenaikan Upah Tenaga Kerja sebesar 30 %
− Penurunan daya beli masyarakat
− Kerusakan mesin- mesin peralatan
9.3 ANTISIPASI RESIKO USAHA
- Pembelian Stock bahan Bahan Baku dan Bahan penolong
− Membuat kontrak dengan tenaga kerja
− Meperluas saluran distibusi pemasaran dan penekanan peningkatan kuantitas ekspor
− Melakukan maintenance secara berkala
24
KONVEKSI MUTIARA
LAMPIRAN
A. ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS
STRENGTH (KEKUATAN):
1. PRODUK
√ Harga jual
√ Mutu produk
√ Desain produk
√ Perlengkapan (feature) tambahan
Harga jual yang cukup rendah dan kualitas bahan baku yang lebih unggul serta desain yang disesuaikan dengan trend/ mode yang berlaku bila dibandingkan dengan produk sejenis
2. DISTRIBUSI DAN PERSEDIAAN
√ Ketepatan waktu pengiriman
√ Segmentasi Pasar
Waktu pengiriman selalu 1 hari sebelum tenggang waktu pengiriman yang ditentukan
3. PELAYANAN PELANGGAN
√ Keramahan pelayanan
√ Pelayanan purna jual
Bila ada barang yang rusak perusahaan bersedia memberikan ganti ( customer satisfaction)
4. ORGANISASI DAN SDM
√ Rekrutmen dan penempatan
√ Tingkat keahlian khusus
√ Tingkat pendidikan
√ Pengalaman kerja
Tenaga kerja berasal dari mantan murid LPDK konveksi sehingga tingkat keahlian, pendidikan dan pengalaman kerja karyawan dapat di andalkan.
5. SISTEM MANAJEMEN
√ Sistem pembukuan (akuntansi)
√ Sistem administrasi
Lengkapnya data keuangan dan pelanggan membuat mudahnya perusahaan mengontrol kinerja perusahaan dalam mencapai tujuan.
6. PRODUKSI
√ Biaya produksi
√ Kemampuan pemenuhan order
√ Fasilitas produksi
Rendahnya biaya produksi, dan pemakaian mesin otomatis dalam memproduksi .
7. TEKNOLOGI
√ Penggunaan teknologi modern
Menggunakan teknologi mesin otomatis
25
KONVEKSI MUTIARA
WEAKNESS (KELEMAHAN):
1. FUNGSI PEMASARAN
√ Promosi dan iklan
√ saluran distribusi
√ Brand
Kurangnya strategi pemasaran dan lemahnya saluran distribusi membuat produktivitas karyawan dan mesin tidak termanfaatkan. Tidak aanya merk dagang produksi
2. ORGANISASI DAN SDM
√ Wewenang dan delegasi
Pembagian wwnang dan delegasi masih belum terlaksana dengan baik
3. SISTEM MANAJEMEN
√ Pengimplementasian fungsi Manajemen
System manajemen yang lemah dan tidak terstruktur sehingga pengelolaan manajemen tidak maksimal
4. PRODUKSI
√ Perencanaan produksi
√ Kapasitas produksi
Kapasitas produksi mesin dan kemampuan tenaga kerja tidak diiringi dengan kemampuan menciptakan pasar
5. PEMANFAATAN TI
√ Pemahaman manfaat TI
Adanya fasilitas TI yang lengkap tidak digunakan dengan baik untuk mengembangkan usaha
OPPORTUNITIES (PELUANG):
1. PERSAINGAN
√ Persaingan untuk usaha sejenis
√ Persaingan untuk produk substitusi
Tingkat Persaingan yang rendah membuat usaha ini punya prospek yang cukup cerah dimasa mendatang
2. PELUANG PASAR
√ Akses dan informasi pasar
√ Permintaan pasar
Peluang ekspansi pasar ke daerah lain ( samosir dan dairi ) serta ekspor ke Malaysia cukup tinggi
3. KEMAJUAN TEKNOLOGI
√ Perkembangan teknologi produksi
√ Perkembangan TI
Adanya fdasilitas TI dan pemanfataan internet bisa menunjang perkembangan usaha ( desain , Mode , relationship )
4. TENAGA KERJA
√ Ketersediaan tenaga kerja sesuai kebutuhan
Tenaga kerja rata-rata tamatan LPDK Mutiara sehingga ada komitmen dan ikatan emosional membuat tingkat turn over karyawan rendah
26
KONVEKSI MUTIARA
5. BAHAN BAKU
√ Mutu bahan baku
√ Ketersediaan bahan baku
Mutu bahan baku yang diatas pesaing dan ketersediaan bahan baku
THREATS (HAMBATAN):
1. PERSAINGAN
√ Produk import
Rendahnya daya beli masyarakat membuat produk import bekas pakai menjadi digandrungi, ditunjang mutu dan kerapian jahitan yang cukup tinggi dan harga yang murah.
2. PEMODALAN
√ Hubungan dengan lembaga keuangan (perbankan)
√ Kemudahan mendapatkan pinjaman
Ketidakmampuan mengakses sumber-sumber permodalan membuat sulitnya mendapatkan pinjaman
3. KONDISI PEREKONOMIAN
√ Kondisi perekonomian dan perbankan (keuangan)
Ketidakstabilan kurs rupiah berpengaruh pada komponen biaya produksi.
Daya beli masyarakat yang semakin menurun
27
KONVEKSI MUTIARA
B. ANALISIS INVESTASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CASH FLOW
PAYBACK PERIOD
EBDIT (1- TINGKAT PAJAK ) + TINGKAT PAJAK ( PENYUSUTAN)
NCF TAHUN 1 = 42.580.000 (1-0,3) + 0.3 (20.000.000) = 35.806.000,-
NCF TAHUN 2 = 16.265.000 (1-0.3) + 0.3 (20.000.000) = 17.385.500,-
NCF TAHUN 3 = 39.507.000 (1-0.3) + 0.3 (20.000.000) = 33.654.000,-
NCF TAHUN 4 = 51.931.000 ( 1-0.3) + 0,3 ( 20.000.000 ) = 42.351.700,-
NCF TAHUN 5 = 65.000.000 (1-0.3) + 0,3 ( 20.000.000) = 51.500.000
UNTUK TIGA TAHUN PERTAMA NCF = 86.864.400
100.000.000- 86.864.400,- = 13.137.600,-
(AKAN DIPENUHI PADA TAHUN KE-4),
MAKA : PP = 3TAHUN +4 BULAN
RATE OF RETURN
NET INCOME = (EBDIT- DEP) (1-TAX)
TAHUN 1 = (42.580.000-20.000.000) (0.7) = 15.806.000
TAHUN 2 = (-2.614.500,-) ( 0.7) = -1.830150
TAHUN 3 = (13.654.900,) (0.7) = 9.558.430
TAHUN 4 = (22.351.700,) ( 0.7) = 15.646.190
TAHUN 5 = (31.500.000) (0.7) = 22.050.000
NET INCOME= 12.246.094,-
RATA-RATA INVESTASI = 100.000.000,-
AVARAGE RATE OF RETURN = 12,2 %
28
KONVEKSI MUTIARA
NET PRESENT VALUE
NPV = (35.806.000x 0.893) +(17.385.500,- x 0,797) + (33.654.000,x0,693)+ ( 42.351.700,- x 0,6355) + ( 51.500.000X0,5674)– 100.000.000
= (31.974.758 + 13.856.244 + 23.322.222 + 26.914.505+29.221.100) – 100.000.000
= 125.188.809 –100.000.000
= Rp 25.188.809
PI = 25.188.809/100.000.000 = 0.252
INTERNAL RATE OF RETURN
NPV = 12.246.094,- ( PV 5 TAHUN , 012 ) = 100.000.000
PV 5 TAHUN, 0.12 = 100.000.000/12.246.094
= 8.162
DENGAN MENGGUNAKAN TABEL PRESENT VALUE , NILAI SEBESAR 8.162 terletak pada 11%. Dengan demikian kita dapat memastikan bahwa IRR terletak pada 11%.
Kesimpulan : Perusahaan dapat meneruskan rencananya untuk melakukan investasi karena ia memiliki nilai NPV positif, dengan payback period 3 tahun 4 bulan dan menghasilkan rate of return sebesar 12,3 % Sementara IRR adalah sebesar 11%. 29
KONVEKSI MUTIARA
C. KELENGKAPAN PERIJINAN
30
KONVEKSI MUTIARA
D. PETA LOKASI
31
JL. SEI SIKAMBINGJL. KAPTEN MUSLIMJL. AYAHANDAJL. DARUSSALAMJL. PASUNDANJL. ISKANDAR MUDAMEDANPLAZATAMANRIALOKASIKE BINJAIJL. GATOT SUBROTO
KONVEKSI MUTIARA
E. FOTO PRODUK
D. DOKUMENTASI PRODUKSI
32

Tidak ada komentar:

Posting Komentar